Memudahkan Konsumen Mendapatkan Informasi Bisnis

Untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan, konsumen berupaya mencari informasi, baik melalui internet ataupun kerabatnya. Setelah mengumpulkan informasi, jika produk yang diinginkan berisiko tinggi, maka konsumen akan mencari informasi lebih banyak lagi untuk menghindari kesalahan dalam melakukan pengambilan keputusan. Keputusan pembelian dalam perilaku konsumen tidak hanya tentang apa yang dibeli atau dikonsumsi oleh konsumen saja. Hal lain yang juga terkait adalah mengenai dimana, bagaimana dan dalam kondisi macam apa barang dan jasa yang dibeli. Tindakan keputusan pembelian tidak lepas dari peran empat faktor, yakni faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial. Sedangkan proses keputusan pembelian meliputi pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, penilaian alternatif, keputusan membeli, dan perilaku setelah pembelian (Kotler & Armstrong 2014:161).

Beralihnya minat masyarakat ke internet ini tidak lepas dari daya tarik situs-situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Path dan Instagram yang semakin menjamur di dunia maya. Media sosial merupakan salah satu bentuk dari Computer Mediated Communication sebagai wadah untuk bersosialisasi dan tempat terjadinya pertukaran informasi dalam dunia teknologi saat ini. Dengan begitu, media sosial dapat secara efektif digunakan untuk keperluan bisnis seperti bisnis online, dan membangun hubungan yang berkelanjutan dengan konsumen (Safko, 2012:5)

Trust memiliki kaitan yang erat dengan bagaimana hubungan yang terjalin atara penjual dan pembeli. Menurut Utomo et al. (2003) menyatakan bahwa trust dapat menjadi faktor keputusan pembelian dan loyalitas konsumen. Hal tersebut dapat didekati melalui konsep perilaku konsumen. Peter & Olson (2010:5) mengungkapkan bahwa perilaku konsumen merupakan proses yang dinamis yang mencakup perilaku konsumen individual, kelompok, dan anggota masyarakat yang secara konstan mengalami perubahan. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial. Untuk dapat memahami perilaku konsumen secara tepat, perusahaan sebagai pemasar perlu memperhatikan bagaimana tindakan konsumen dalam mendapatkan, mengonsumsi dan menghabiskan barang dan jasa, termasuk juga pada proses pembuatan keputusan apakah konsumen melakukan keterlibatan tinggi atau rendah.

Komentar