Peranan Sistem Informasi Akuntansi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa banyak perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari kehidupan bermasyarakat hingga penggunaan teknologi dalam dunia bisnis. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi akuntansi akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam bidang keuangan dan akuntansi, informasi teknologi akan membantu para manager menggunakan sistem tertentu untuk meramalkan pendapatan dan aktivitas bisnis, menentukan sumber daya yang terbaik dan penggunaan dana, mengatur kas dan sumber daya keuangan lain, menganalisa investasi, dan melaksanakan audit untuk memastikan bahwa organisasi secara fundamental sehat dan semua laporan keuangan dan dokumen-dokumen akurat (Turban et al., 2005).



Meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mengakibatkan meningkatnya peranan sistem informasi dalam kegiatan pemenuhan akan informasi yang akurat, efektif, dan efisien. Informasi yang akurat, efektif, dan efisien akan menjadikan perusahaan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan yang tidak mengelola informasi yang dimiliki secara akurat, efektif, dan efisien. Untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut, maka dibutuhkan teknologi informasi yang dapat mengolah data menjadi akurat, efektif, dan efisien.

Sistem informasi akuntansi berbasis komputer merupakan cara yang tepat dalam mengolah data informasi menjadi lebih akurat, efektif, dan efisien. Sistem informasi akuntansi berbasis komputer telah menggantikan cara lama dalam mengolah data informasi yang masih tradisional atau manual. Pada sistem manual, mengolah data atau informasi menjadi lebih lama dan mahal karena terkendala pada waktu, tenaga, dan biaya yang dibutuhkan.


Sistem informasi akuntansi berbasis komputer ditandai dengan berkembangnya teknologi komputer. Pengolahan data yang menjadi lebih cepat, tepat, dan tidak mengenal lelah merupakan dampak dari perkembangan teknologi komputer. Dengan berkembangnya pengolahan data, berkembang pula informasi yang dapat dihasilkan dari akuntansi dan berkembang pula pemakai-pemakai informasi tersebut (Hartono, 1997). Penggunaan komputer dalam sistem informasi suatu perusahaan telah menjadi suatu standar dalam lingkungan bisnis. Pada perusahaan-perusahaan terutama perusahaan besar, teknologi komputer disajikan sebagai penghasil informasi yang akurat dalam menjaga kelangsungan hidup perusahaan.

Komentar